Total Tayangan Halaman

Minggu, 23 Agustus 2020

PENYERAHAN HADIAH PEMENANG LOMBA PENULISAN CERPEN, Fa HARRIS, 2020


foto: Suasana kegiatan penyerahan hadiah kepada pemenang dan Sertifikat kepada dewan juri.

        Naskah cerpen pemenang (6 naskah) dan 10 naskah lainnya yang dipilih oleh Dewan Juri, diterbitkan oleh BWS dan Fa Harris dengan judul Cinta Pertama Mandor Gendon (ISBN: 978-623-6639-00-9, tebal XXIV + 169 halaman, soft cover).

Berikut adalah sambutan Dr. Rizali Harris Nasution, Pendiri BWS pada penerbitan buku tersebut.    

"Sulit sekali melepaskan diri untuk tidak menulis (dan menerbitkan buku), sejak ayah meninggal pada tahun 1985. Namun tuntutan “perut” dan selembar ijazah profesi dokter yang dipegang, membuat keinginan menjadi penerbit yang profesional berorientasi bisnis harus dikubur dalam-dalam. Jadilah saya sebagai penulis dan penerbit “ecek-ecek”. Tanpa malu-malu harus diakui -yang ingin marah dipersilakan- bahwa dunia penulisan dan penerbitan buku di Indonesia, bukanlah sesuatu yang menjanjikan secara bisnis. Karena itulah ide untuk sebuah Lomba Penulisan Cerpen langsung saya sambar karena keinginan yang kuat untuk melihat dan menyalurkan keinginan menulis di kalangan masyarakat. Optimis? Tidak, sejak awal saya ragu apakah akan ada yang berminat. Karena itu target yang diharapkan hanya maksimal 50 naskah. Pandemi covid-19, turut membuat pesimisme ini menguat. Namun saya salah, ternyata jumlah naskah yang masuk mencapai 2 kali lipat. Wow, ternyata banyak silent writer di masyarakat kita.
Maka, sebagai bentuk apresiasi lebih tinggi, disusunlah buku ini. Kehadiran buku ini sekaligus menjadi bentuk kontribusi Fa Harris dan Yayasan Badan Warisan Soematra (YBWS) untuk membuka simpul-simpul para penulis di Sumatra Utara sebagai saluran kecil untuk menunjukkan bahwa di Sumatra Utara kegiatan-kegiatan penulisan masih ada. Semoga harapan tidak sekedar harapan, tapi menjelma menjadi kenyataan. Terimalah sumbangsih kecil kami ini sebagai sebuah catatan tentang dunia penulisan, penerbitan, dan perbukuan di Sumatra Utara.
Salam takzim, salam literasi."

Acara berlangsung di Harris Memorial Training Centre (HMTC), Ds. Jaharun B, Galang, Deli Serdang, pada Kamis, 20 Agustus 2020. Hadir di acara ini Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Sumatra Utara, Co-founder Achilles Health Law, Direktur Kelompok Humaniora-Pokmas Mandiri, Dewan Juri dan undangan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar